SELASA, 29 DESEMBER 2009 | 10:04 WITA | 85365 Hits
Share |

Monster Hunter Freedom Unite

Monster Hunter terbaru buat PSP kali ini terbilang fantastis. Ungkapan ini bukan buat mereka yang agak malas untuk mempelajari cara bermainnya, mungkin akan langsung berhenti memainkannya. Dunia yang indah, grafik yang mendetil (ala PSP), sistem pertarungan yang keren dan sekumpulan item serta upgrade yang tersedia yang bisa Anda dapatkan.

Permainan akan membawa Anda ke sebuah peran seorang pemburu monster profesional dalam dunia fantasi. Anda akan memiliki basis di Pokke Village, sebuah tempat dimana umat manusia tinggal bersama dengan ras Felynes, sebuah ras kucing yang pintar dan bisa berjalan dengan dua kaki belakang.

Banyak sekali elemen yang akan gamers dapatkan, mulai dari senjata dari 11 kelas berbeda. Anda bisa memilih untuk menggunakan gabungan senjata dan perisai, atau menggunakan dua pedang langsung, pedang besar, warhammer, katana, sabit dan masih banyak lagi senjata-senjata yang akan sering Anda jumpai dalam game-game ternama dari Jepang. Tapi yang paling penting dari semuanya itu, semua senjata tersebut sangat cocok untuk dimainkan dan terlihat sempurna dalam permainan.

Permainan yang ada disini lebih diutamakan pada misi. Setiap mini-quest memiliki sejumlah objektif yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. Mulai dari mengumpulkan barang, membunuh monster ataupun berburu. Dari ketiga objektif tersebut, yang paling mudah tentunya adalah yang pertama. Awalnya mungkin akan terasa sulit.

Tapi setelah Anda berhasil melalui pertarungan awal, maka selanjutnya akan terasa lebih mudah lagi. Tantangan utama tersendiri disini adalah misi berburu, dimana Anda akan ditugaskan untuk melacak, mengejar dan harus menghadapi monster yang ukurannya pluhan kali lipat dari Anda.

Perburuan awal, Anda hanya akan berburu babi hutan dan gorila. Tapi yang akan menjadi tantangan tersendiri adalah berburu Wyvern. Wyvern adalah makhluk yang sangat menyulitkan. Hanya dengan beberapa kali serangan dari Wyvern saja, Anda pasti akan mati.

Untuk bisa menaklukkannya, Anda harus bisa melakukan perhitungan dengan tepat. Gunakan insting Anda dan pelajari gerakan mereka. Hanya itu saja satu-satunya jalan yang paling cepat sekaligus paling sulit yang bisa Anda gunakan.

Kekalahan dari bos battle mungkin akan menjadi salah satu penyebab kebanyakan gamer menyerah dan langsung meninggalkan game ini. Tapi apabila Anda berhasil mengalahkannya, akan timbul rasa puas yang cukup dalam hati.

Apabila Anda adalah tipe seorang gamer yang suka mengambil resiko, Anda boleh mencoba tantangan yang satu ini. Anda bisa melukainya hingga monster tersebut mundur dan kabur ke sarangnya. Di sana, Anda harus menangkapnya dengan menggunakan jaring, kemudian Anda penuhi makhluk tersebut dengan obat bius.

Terdengar mudah? Salah besar! Justru sebaliknya, penangkapan monster tersebut hidup-hidup adalah salah satu tantangan tersulit yang ada dalam game ini. Apakah ada artinya Anda menjalankan tantangan seperti ini? Tentu saja ada. Selain rasa puas karena bisa menangkap monster tersebut hidup-hidup, Anda juga akan mendapatkan bagian-bagian tubuhnya yang langka seperti tulang, tanduk dan sisik tubuhnya yang sangat berguna untuk membuat armor dan senjata.

Sebagai catatan, dalam Monster Hunter, Anda tidak akan mendapatkan status. Tidak ada yang namanya level up. Yang ada hanya health bar dan stamina bar. Health bar bisa Anda isi lagi dengan makanan, sedangkan untuk stamina, bisa Anda isi dengan obat tertentu. Intinya disini adalah, untuk bisa menghadapi satu masalah tertentu, Anda harus memutar otak dan mengerti apa yang sedang Anda hadapi itu.

Satu-satunya skill yang ada dalam game ini hanyalah sekumpulan senjata dan sekumpulan armor yang tentunya harus dengan kerja keras untuk mendapatkannya. Alasannya, kadang ada saja satu set armor yang memiliki status tertentu yang sangat menggoda dan menguntungkan Anda dalam pertarungan. Atau, mungkin saja salah satu set armor yang ada karena desainnya yang sangat keren dan mendetil itu. Tinggal Anda pilih saja apa yang Anda mau.

Animasi yang disajikan benar-benar menunjukkan apa yang mungkin tidak akan bisa Anda lihat dalam keadaan biasa. Ada monster-monster tertentu yang akan melipat telinganya ke belakang saat ia sudah berada di ambang kematian atau mulai berjalan tertatih-tatih karena sebelumnya Anda sudah menyerang kakinya. Sehingga, tidak peduli berapa lama pun Anda memainkan game ini, dijamin Anda akan menemukan banyak sekali detil baru dan Anda juga akan mempelajari banyak sekali hal baru di dalam game ini.

Sistem pertarungan yang cukup seimbang, perburuan item, pembuatan barang tertentu serta grafik dan suara yang memukau, tentu sudah menjadi makanan sehari-hari bagi para veteran yang sudah pernah memainkan Monster Hunter sebelumnya. Tapi disini, ada inovasi lain yang terlihat cukup signifikan, terutama pada monster dan barangnya.

Yang paling jelas dan utama disini adalah kemungkinan untuk bisa bermain bersama dengan teman, dengan membawa Felyne saat menjalankan sebuah misi memang tidak terlalu berguna memberikan damage yang besar dalam pertempuran, tapi ia cukup berguna untuk mengalihkan serangan musuh dan mencari tempat untuk gathering.

Walaupun muncul dengan beberapa kekurangan, game ini tetap sangat menarik. Bahkan mode multiplayer ad-hoc nya juga asik untuk dimainkan. (ash)

Release Date: Juli 2009
ESRB Rating: 10th+
Genre: Adventure
Publisher: Capcom
Developer: Capcom
Console: Playstation Portable (PSP)
KOMENTAR BERITA "Monster Hunter Freedom Unite"


Redaksi: redaksi@fajar.co.id
Informasi pemasangan iklan
Hubungi Mustafa Kufung di mus@fajar.co.id
Telepon 0411-441441 (ext.1437).